7 Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan

7 manfaat beras merah untuk kesehatan

Nasi adalah makanan pokok di Indonesia dan terdiri dari 40.000 varian. Pada dasarnya, nasi yang berasal dari beras merupakan biji-bijian yang tinggi kalori dan baik untuk sumber energi. Dari puluhan ribu varian beras yang bisa ditemukan, paling mudah mengidentifikasi jenisnya berdasarkan warnanya.

Beras putih adalah jenis beras yang paling umum dan dikonsumsi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Namun, belakangan ini beras merah juga menjadi salah satu jenis beras yang populer. Beras merah biasanya dikonsumsi oleh para pegiat hidup sehat berkat kandungan seratnya yang tinggi. Ternyata warna beras bukan hanya sekedar nama, loh!

Perbedaan Beras Putih dan Beras Merah

Menurut Dr. Vanishree Aithal, direktur pelaksana dan spesialis di Birla Ayurveda Health Care, beras putih disebut juga beras yang dipoles karena sudah tidak memiliki lapisan luar kulit, sekam, dan dedaknya. Karena itulah, hal ini ternyata berpengaruh pada kandungan vitamin dan mineral beras putih yang lebih sedikit ketimbang jenis beras lainnya.

Beras putih berasal dari proses pengolahan beras cokelat yang telah dibuang sekam dan dedaknya agar umur penyimpanan beras lebih panjang. Sayangnya, manfaat dari sekam dan dedak tersebut jadi ikut hilang. Karena itulah, beras merah yang masih memiliki lapisan sekam masih memiliki kandungan antosianin sebagai sumber antioksidan tinggi.

Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan

Kandungan antioksidan memiliki fungsi penting untuk menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan. Beras merah termasuk biji-bijian utuh yang kaya nutrisi dan serat. Karbohidrat dalam beras merah juga lebih rendah kalori, bebas gluten, dan tidak mengandung lemak trans.

Beras merah juga mengandung anthocyanin apigenin, myricetin, dan quercetin yang merupakan antioksidan flavonoid. Kandungan anthocyanin termasuk kelompok senyawa fenolik yang memberi warna merah dan ungu seperti halnya pada bawang dan kol merah. Lantas apa saja manfaat beras merah untuk kesehatan? berikut penjelasannya.

1. Turunkan Risiko Diabetes

Nasi putih yang dikonsumsi sehari-hari ternyata memiliki pengaruh terhadap kadar gula darah di dalam tubuh. Dalam hal ini, nasi merah memang memiliki indeks glikemik yang relatif lebih rendah daripada nasi putih. Karena itulah, konsumsinya bisa membantu mengendalikan risiko diabetes.

2. Mencegah Obesitas

Orang yang sedang diet menurunkan berat badan seringkali mengganti konsumsi karbohidrat dari beras putih menjadi beras merah. Makan nasi merah memang bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, kamu bisa mengendalikan nafsu makan agar tidak makan terlalu banyak.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat beras merah paling utama adalah dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah yang bisa memicu penyakit jantung, jika dikonsumsi secara rutin. Kadar kolesterol (LDL) yang terlalu tinggi dapat memicu pembentukan plak pada dinding arteri. Hal inilah yang biasanya menyumbat pembuluh darah arteri koroner penyebab serangan jantung.

Aplikasi Dagangan Belanja Sembako dan Kebutuhan Sehari Hari
Download Aplikasi Dagangan – Belanja Sembako dan Kebutuhan Sehari Hari
4. Mencegah Kanker

Bahaya radikal bebas dapat memicu terjadinya penyakit kanker. Dengan adanya kandungan antioksidan dari beras merah, risiko ini juga dapat diminimalisasi. Imunitas tubuh yang tinggi dapat menjaga sel-sel di dalam tubuh untuk melawan infeksi yang berbahaya bagi kesehatan.

5. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat dari beras merah juga memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Seperti halnya serat dalam buah dan sayur, serat dalam beras merah juga memiliki manfaat yang sama. Jadi, kamu juga bisa mengonsumsi beras merah sebagai tambahan serat di dalam tubuh.

6. Menyehatkan Kesehatan Tulang

Selain kandungan serat dan antioksidannya, beras merah juga memiliki kandungan magnesium yang cukup kaya. Manfaat kandungan magnesium bisa membantu mencegah gangguan sendi dan gangguan kesehatan lain pada tulang. Hal ini juga baik untuk meminimalisasi risiko osteoporosis di usia lanjut.

7. Menjaga Kesehatan Syaraf

Beras merah juga memiliki kandungan vitamin B yang bermanfaat untuk regenerasi sistem saraf. Karena itulah, konsumsi nasi merah juga bisa mencegah berbagai penyakit akibat gangguan saraf.

Nah, itulah beberapa manfaat beras merah untuk kesehatan. Kamu bisa mempertimbangkan untuk mengganti konsumsi putih dengan beras merah untuk menjaga kesehatan tubuh. Akan lebih baik jika konsumsinya juga berdasarkan pengawasan dari ahli gizi, ya!

Baca Juga : 10 Manfaat Minum Air Putih Untuk Kesehatan

One thought on “7 Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan

Leave a Reply