DAGANGAN Digitalisasi Ekonomi Daerah, Permudah Pemilik Warung di Daerah Belanja Stok Barang Dagangan

Siaran Pers

Salatiga, 15 Juni 2021 – Warung sebagai salah satu penggerak roda ekonomi di daerah seringkali memiliki kendala dalam hal operasional. Hal tersebut  rentan terjadi, karena sulitnya rantai akses logistik mengingat medan yang ditempuh umumnya jauh dari pusat perbelanjaan. Oleh sebab itu, banyak warung di daerah sulit berkembang karena varian produk yang kurang lengkap akibat terkendala akses logistik.

DAGANGAN, sebuah aplikasi social-commerce hadir sebagai solusi masalah tersebut dengan menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga, mulai dari produk sembako, bahan segar hingga kebutuhan harian lainnya secara eceran juga grosir, khususnya bagi pemilik warung yang berada di daerah. 

Salah satu hal yang dilakukan oleh DAGANGAN ialah melakukan transformasi digitalisasi ekonomi daerah dengan memanfaatkan teknologi. Pemilik warung kini dengan mudah bisa melakukan stok kembali barang dagangan melalui aplikasi Dagangan. Harapannya dengan kemudahan yang ditawarkan DAGANGAN para pemilik warung kini tidak perlu menutup warungnya untuk sementara waktu saat berbelanja stok, karena aktivitas tersebut bisa dilakukan kapan saja tanpa harus menutup warung. 

Mengincar masyarakat yang berada di wilayah daerah, DAGANGAN percaya dapat memberi dampak luas untuk memajukan perekonomian masyarakat rural. Terlebih, DAGANGAN kini sudah meng-cover lebih dari 3.000 desa yang tersebar di wilayah Yogyakarta, Jawa Tengah, & Jawa Barat. Hal ini tentunya lebih memudahkan pendistribusian produk-produk barang dagangan warung di daerah. 

“Dagangan hadir memberikan kemudahan kepada masyarakat lokal dalam menjalankan kegiatan ekonomi sehari-hari. Dengan semangat membangun ekonomi lokal, Dagangan menawarkan solusi layanan digital satu pintu dalam menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga secara grosir atau eceran”.

Wilson Yanaprasetya, Founder Dagangan

Di samping itu, keunggulan lain yang ditawarkan DAGANGAN ialah GRATIS ONGKIR untuk setiap pengirimannya. Jadi para pemilik warung tidak perlu khawatir  mengeluarkan ongkos untuk stok ulang kebutuhan warungnya. Cukup dengan memesan produk via aplikasi di Smartphone dan membayar sesuai harga yang tercantum, maka belanjaan akan diantarkan langsung ke warung oleh kurir DAGANGAN di keesokan harinya.

Saat ini, DAGANGAN berfokus pada perdagangan tradisional yang mencakup 70% dari transaksi barang konsumsi seperti; sembako, cemilan, softdrink, makanan kemasan, dan lain-lain.

Sasarengan Mitra Warung Dagangan

Dagangan menggelar acara “Sesarengan” sebagai bentuk apresiasi kepada mitra Warung yang turut membantu mengembangkan aplikasi karya anak bangsa tersebut. Dengan mengikuti anjuran Protokol Kesehatan Pemerintah, acara “Sesarengan” yang digelar DAGANGAN ini mengundang para mitra yang memiliki pencapaian terbaik se-area Salatiga. 

Event Sasarengan Bersama Mitra Warung Area Salatiga – Jawa Tengah

Tidak hanya diisi dengan kegiatan silaturahmi satu sama lain, gelaran ini dilakukan untuk mempererat hubungan dengan sesama mitra warung DAGANGAN. Tidak ketinggalan pula acara diisi dengan keseruan games menarik serta doorprize yang bisa dibawa pulang oleh para mitra warung DAGANGAN yang turut menjadi undangan.

DAGANGAN membuka kesempatan seluas-luasnya bagi siapa saja yang ingin bermitra dan bergabung menjadi mitra warung dengan cara mengunduh dan melakukan pendaftaran via Aplikasi DAGANGAN. 

Perkenalkan ‘PANDAWA SIAGA’

Aplikasi DAGANGAN, platform penyedia kebutuhan harian resmi memperkenalkan PANDAWA SIAGA, yang terdiri dari karyawan DAGANGAN yang biasa terjun ke lapangan seperti: Kepala Gudang, Admin, Sales dan Kurir. PANDAWA SIAGA (dibaca : Pasukan DAGANGAN Berwibawa, Sigap, Andalan dalam Berniaga) ini dimaksudkan untuk membantu sekaligus  mempererat hubungan dengan para pemilik warung di lapangan. 

“PANDAWA SIAGA merupakan Garda terdepan DAGANGAN yang ikut membantu DAGANGAN maupun pemilik warung dalam mengembangkan usahanya. Dengan adanya ini, kami berharap bisa lebih maju dalam melayani serta lebih sigap dan dapat terus menjadi andalan dalam membantu perniagaan para pemilik warung”.

Wilson Yanaprasetya, Founder Dagangan
Dagangan Indonesia Memperkenalkan Pandawa Siaga
Dagangan Bantu Hidupkan Semangat Ekonomi Masyarakat Lokal

Hampir 2 tahun sejak berdiri, DAGANGAN sudah memiliki sekitar 35,000 user aktif baik itu mitra warung maupun mitra reseller yang tersebar di pulau jawa. Kebanyakan dari mereka merupakan masyarakat yang tinggal di wilayah pelosok atau yang biasa kita sebut rural area.

Salah satu mitra DAGANGAN sekaligus pemilik warung di daerah Salatiga yakni Ibu Susilawati mengaku bahwa setelah menggunakan DAGANGAN usaha warungnya bisa semakin maju. Ia mengatakan fitur bebas ongkir belanjaan yang ditawarkan DAGANGAN sangat membantu sehingga Ia tidak perlu repot menutup warung untuk stok isi ulang produk yang Ia jual. 

“Semenjak gabung dengan DAGANGAN, Saya tidak perlu ke luar rumah untuk stok kebutuhan warung. Jadi order sewaktu malam hari lewat aplikasi DAGANGAN, besok barang sudah datang. GRATIS. Saya jadi bisa memanfaatkan waktu yang tadinya untuk belanja ke kulakan, sekarang bisa digunakan untuk keperluan yang lain,” tutur bu Susilawati

Hal yang dikatakan Bu Susilawati selaras dengan tujuan DAGANGAN yang ingin memudahkan dan memajukan para pemilik warung di rural area. Seperti yang dikemukakan Area Sales Manager DAGANGAN Jawa Tengah, Supriyono. Ia mengatakan bahwa kehadiran DAGANGAN bisa memudahkan para pemilik warung seperti bu Susi yang kesulitan dalam hal pendistribusian stok warung. 

“Justru DAGANGAN sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang kesulitan dalam pendistribusian barang. Terlebih untuk masyarakat di daerah pelosok. Karena kami kan kebanyakan melayani area di pelosok, jadi sebelum ada DAGANGAN mereka harus naik ojek, angkot untuk nyetok barang. Sekarang mereka tinggal pesan lewat aplikasi, kita yang kirim barangnya GRATIS,” ujar Supriyono. 

Supriyono, Area Sales Manager Jawa Tengah

“DAGANGAN support local villagers. Lebih dari 2000 warga lokal daerah telah membantu DAGANGAN bertumbuh sejak 2019. Saat memperluas area jangkauan, kami membuka lapangan pekerjaan serta memilih warga lokal di sekitar area Gudang untuk bergabung. Serta dengan DAGANGAN hadir di area tersebut, kami selalu berupaya memberikan solusi dalam keterbatasan akses & distribusi yang selama ini dialami masyarakat.” jelas Wilson, terkait kearifan penduduk lokal dan support Dagangan.

Wilson Yanaprasetya, Founder Dagangan

Informasi lebih lanjut:
Saraswati Nuraisyah – Marketing Lead
no telepon: 082119081815
email : saraswati@dagangan.com
website : www.dagangan.com

Leave a Reply