10 Tips Membangun Keluarga Harmonis Bersama Pasangan

10 tips membangun keluarga harmonis bersama pasangan

Punya keluarga yang harmonis tentunya jadi impian banyak orang. Meskipun begitu, tidak mudah untuk bisa mewujudkan mimpi pasangan suami istri ini. Pastinya ada tantangan dan bumbu pertengkaran yang muncul dalam rumah tangga. Baik kamu maupun pasangan punya kewajiban yang sama untuk membangun keluarga harmonis bersama sama.

1. Terbuka Dengan Pasangan

Komunikasi merupakan kunci dari sebuah hubungan. Kamu dan pasangan wajib menjaga komunikasi ini  dengan saling terbuka dalam banyak hal. Disarankan untuk bercerita banyak hal sekaligus meminta pendapat kepada pasangan. Terbuka kepada pasangan perlu dibiasakan. Mulailah pada hal-hal kecil yang terjadi dalam hari ini.

2. Selalu Menggunakan Kata Yang Baik Pada Pasangan

Menghormati pasangan juga tetap harus dilakukan biarpun kamu sudah hidup bersama belasan atau puluhan tahun. Pilih kata-kata yang santun untuk diucapkan kepada pasangan. Baiknya tidak menyuruhnya dengan kasar atau seakan-akan mengguruinya dalam melakukan sesuatu.

“Menjaga lisan yang baik terhadap pasangan harus tetap dilakukan meskipun dalam kondisi marah. Intinya, kamu tetap harus menghormati pasangan sebagai teman hidup yang akan diajak membangun keluarga harmonis sampai tua”

3. Selalu Memprioritaskan Keluarga

Supaya lebih harmonis, kamu harus menempatkan keluarga di atas segalanya. Ciptakan perasaan saling membutuhkan dengan seluruh anggota keluarga. Buat pertimbangan yang matang apabila ada hal yang menyangkut tentang keluarga kamu. Memprioritaskan keluarga juga bisa bantu kamu menjaga kesehatan mental, loh.

4. Segera Mencari Solusi Atas Masalah Yang Muncul

Hidup harmonis bukan berarti tanpa masalah di dalam keluarga. Masalah dan persoalan pasti menjadi bumbu yang sudah pasti ada dalam hidup berumah tangga. Namun, bukan malah fokus ke masalahnya.

“Fokuslah untuk mencari solusi atas segala masalah yang muncul. Percayalah bahwa semua masalah pasti ada jalan keluar terbaik”

5. Saling Memperhatikan Satu Sama Lain

Saling perhatian dengan pasangan juga jadi cara membangun keluarga harmonis, loh. Cobalah berikan perhatian kecil kepada pasangan setiap hari. Misalnya membuatkan minuman kesukaannya setelah lelah bekerja. Mendengarkan cerita, keluhan, dan impian dari pasangan juga bentuk perhatian kecil yang bisa kamu lakukan.

Aplikasi Dagangan Belanja Sembako dan Kebutuhan Sehari Hari
Download Aplikasi Dagangan – Belanja Sembako dan Kebutuhan Sehari Hari
6. Saling Memaafkan

Tidak ada orang yang sempurna pastinya. Kamu dan pasangan pasti akan melakukan kesalahan, baik disengaja atau tidak. Amarah yang muncul tentu jadi hal yang wajar dan bisa dimaklumi. Namun, kamu juga harus menyiapkan kata maaf setelah itu. Buang dulu segala ego atau mencari pembenaran. Meminta maaf atau memaafkan pasangan harus kamu lakukan untuk membangun keluarga harmonis sampai tua.

7. Melupakan Masa Lalu Pasangan

Setiap kamu pasti punya masa lalu, begitu juga kamu dan pasangan. Mungkin saja ada sebagian masa lalu yang benar-benar ingin dilupakan. Kamu harus menghargai itu dan mintalah pasangan kamu untuk melakukan sebaliknya. Fokus membuat lembaran baru di masa depan dengan pasangan. Kamu pasti ingin buat cerita yang lebih baik, mesra, dan penuh kasih sayang bersama dengan orang tercinta, ‘kan?

8. Menjadi Suporter Dari Pasangan

Kalau bukan kamu, siapa lagi yang akan mendukung pasangan saat susah dan senang. Posisikan diri sebagai suporter pasangan pasti akan buat dia tidak berjalan sendirian.

“Memberikan dukungan apa pun kepada pasangan pun akan membuatnya lebih mudah dalam menghadapi masalah yang muncul dalam kehidupan”

9. Selalu Punya Waktu Bersama

Menjadwalkan waktu bersama juga bagian dari membangun keluarga harmonis. Ada banyak yang bisa kamu lakukan, kok. Misalnya memasak menu hits indomie kuah susu bersama pasangan. Tentunya melakukan aktivitas ini dipercaya bisa memperkuat ikatan dengan pasangan kita.

10. Membuat Me-Time

Menjadi harmonis bukan berarti juga kamu harus bersama-sama terus dengan pasangan. Ada kalanya, kamu harus memberikan ruang kepada diri sendiri dan pasangan melakukan kegiatan lain. Carilah kesibukan positif dalam me-time kamu, seperti berolahraga, melukis, atau berkumpul dengan teman lama. Saat berkumpul kembali dengan pasangan, kamu dan dia pun akan punya cerita baru yang bisa dibagikan, seru kan!

Baca Juga : 10 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Itulah tips membangun keluarga harmonis sampai tua. Mulailah bangun komunikasi yang baik bersama pasangan dari sekarang. Lalu, niatkan untuk terus bersama sampai maut memisahkan.

Belanja kebutuhan sehari-hari lebih mudah menggunakan aplikasi Dagangan. Selain sembako, kamu bisa membeli berbagai produk segar, frozen food, juga berbagai kebutuhan rumah tangga lainnya. Belanja di Dagangan Gratis Ongkir! Gunakan kode voucher BELANJAPERTAMA untuk mendapatkan potongan belanja 10%.

2 thoughts on “10 Tips Membangun Keluarga Harmonis Bersama Pasangan

Leave a Reply